Analisis Laporan Keuangan

Laporan Keuangan dapat menunjukkan kondisi keuangan perusahaan pada saat ini atau dalam suatu periode tertentu. Dengan adanya Laporan Keuangan maka kita dapat mengetahui posisi perusahaan saat ini setelah menganalisis laporan keuangan tersebut. Terdapat beberapa macam laporan keuangan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Neraca
  2. Laporan Laba Rugi
  3. Laporan Perubahan Modal
  4. Laporan catatan atas laporan keuangan
  5. Laporan Kas.

Neraca merupakan laporan yang menyajikan jumlah harta, kewajiba (utang) dan modal (equitas) suatu perusahaan pada saat tertentu. Pembuatan neraca biasanya dilakukan pada periode tertentu (tahunan). Informasi yang disajikan dalam neraca meliputi jenis-jenis aktiva, jenis-jenis kewajiban(utang) dan jenis-jenis modal. Dengan melihat neraca, maka perusahaan dapat mengetahui berapa harta, utang dan modal yang dimiliki pada saat tertentu.

Laporan Laba Rugi menyajikan jumlah perolehan pendapatan dan biaya yang telah dikeluarkan sehingga dapat diketahui apakah perusahaan dalam keaadaan laba atau rugi. Laporan ini dibuat pada suatu siklus operasi atau periode tertentu.

Laporan Peubahan modal menggambarkan jumlah modal yang dimiliki perusahaan saat ini. Laporan ini juga menunjukkan perubahan modal serta sebab-sebab perubahannya. Informasi yang disajikan pada laporan modal adalash sebagai berikut:

  • Jenis – jenis dan jumah modal yang ada saat ini.
  • Jumlah rupiah tiap jenis modal
  • Jumlah rupiah modal yang berubah
  • Sebab-sebab berubahnya modal
  • Jumlah rupiah modal sesudah peubahan

 

Laporan catatan atas laporan keuangan merupakan laporan yang dibuat berkaitan dengan laporan keuangan yang disajikan. Laporan ini memberikan informasi tentang penjelasan yang dianggap perlu atas laporan keuangan yang ada sehingga menjadi jelas sebab dan penyebabnya. Tujuannya adalah agar pengguna laporan keuangan dapat memahami jelas data yang disajikan.

Laporan arus kas adalah laporan yang menunjukan arus kas masuk dan arus kas keluar dari suatu perusahaan. Arus kas masuk berupa pendapatan atau pinjaman dari pihak lain. Arus kas keluar adalah biaya-biaya yang telah dikeluarkan perusahaan. Baik arus kas masuk maupun arus kas keluar dibuat untuk periode tertentu.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s