Mengenai Menaruh Menu Setting/Configuration pada Aplikasi PoS (Point of Sale)

Pada postingan kali ini saya akan mencoba membahas sesuatu yang cukup sulit untuk diputuskan ketika anda sedang mendevelop aplikasi penjualan. Aplikasi penjalan atau Point of Sale sejah yang saya pahami adalah aplikasi yang di khususkan untuk melakukan penjualan.

Nah apasih kesulitan yang sedang saya alami???. Kesulitannya adalah menaruh fungsi atau menu setelan (Setting)/adminitrasi/Configuration pada Main Menu di aplikasi Point Of Sale. kenapa hal ini sulit? Pertama, karena apliaksi Point Of Sale adalah penjualan. Aplikasi ini di khusukan untuk penjualan. Kenapa sih? ya udah tinggal taruh aja fungsi settingan nya di Main Menu. Bisa saja sih fungsi setting disimpan di main menu, namun perlu diperhatikan juga bahwa Point Of Sale fungsinya untuk penjualan kenapa ada menu setting/configurasi? kenapa space nya tidak digunakan untuk fungsi – fungsi berkaitan dengan penjualan saja?.

Oleh karena itu, ada beberapa aplikasi yang menaruh fungsi admin/configuration./setting pada menu lain. Misal menu lain lain. Nanti ketika masuk menun lain – lain di dalam nya ada beberapa menu: misalnya training, configuration, admin atau maintenance. Namun ada juga aplikasi PoS yang menaruh fungsi-fungsi configuration, setting dll yang tidak berkaitan dengan menu penjualan di main menu aplikasi tersebut. Tentu saja pemngelompokannya dipisahkan dengan fungsi – fungsi penjualan. Misal pada aplikasi berikut:
erply_windows_pos_scrn
Pada gambar berikut di jelaskan bahwa menu setting berada pada Menu Pos Operation bersama dengan menu menu lain, seperti Manager, Mail Client, Feed Back and Help. Bahkan menu admin nya juga terlihat jelas berada pada main menu PoS, misal; add product, edit customer, add customer, add coupons, dll.

Bahkan ada juga aplikasi yang tidak terlalalu banyak memperhitungkan peletakan dan pengelompokan menu antara penjualan, operasional penjualan, admin dan data manager, semuanya dataruh ke dalam satu pengelompokan menu saja, seperti aplikasi berikut:
Foreman_12654050_5270_cpmain
Resiko dari tidak adanya pengelompokan menu sesuai dengan kegiatan yang berkaitan akan membuat bingung para pengguna aplikasi dalam menjalankan aplikasi dan aplikasi nya tidak user friendly.

Gambar lainnya:
Dinerware PoS
dinerware_screen

Menu manager dari Dinerware PoS
dinerware-software-guide-22-638

Pada aplikasi PoS di bawah ini tidak diketahui menu manager/admin/setting/configurator diletakan dimana. Asumsi mungkin saja aplikasi manager/back office/store computer dibuat terpisah dari aplikasi penjualannya.
slideshow1

Gambar-gambar di atas merupakan Aplikasi PoS, dari gambar tersebut semoga dapat membantu kita yang kebetulan sedang mendevelop aplikasi PoS dan memiliki kebimbangan dalam hal tampilan dan pengelompokan menu-menu fungsi penjualan maupun non penjualan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s