Perbedaan Log Level (INFO, WARNING, ERROR, DEBUG)

Untuk membuat log pada aplikasi biasanya kita sering dihadapkan dengan kebingungan untuk membedakan Log Level(INFO, WARNING, ERROR, DEBUG). Disini saya mencoba menerangkan atas apa yang saya pahami terhadap permasalahan tersebut. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai pemahaman terhadap log level(INFO, WARNING, ERROR, DEBUG).

WARNING = segala hal yang berpotensi menyebabkan keganjilan terhadap aplikasi, atau bisa juga disebut general error yang tidak berpengaruh terhadap jalannya aplikasi dan juga tidak menyebabkan aplikasi down.Biasanya saya memasang log warning pada percabangan tertentu jika kondisi utamanya sangat penting dan tidak terpenuhi sehingga memproses kondisi kedua yang merupakan default.

ERROR = Sesuatu yang menyebabkan sistem down, atau berhenti melakukan suatu proses. Misal error pada block try catch, misal karena file not found, atau salah memasukan data, dll.

INFO = Informasi umum yang sedang dilakukan oleh sistem/aplikasi. Misal nya start-stop aplikasi, memulai proses penyimpanan data, dll.

DEBUG = Merupakan sesuatu yang dapat membantu developer untuk menganalisa/menelusuri error. Biasanya saya menaruh debug mode pada looping code, atau pada method tertentu yang berpotensis mengalami error. Dengan kata lain pengganti sysout, karena biasanya programmer menelusuri error dengan cara men-sysout parameter, atau local variable atau return value.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s