Program Find & Count Palindromes

palindrome find and count

Palindrome merupakan kata yang dibaca baik dari depan atau belakang memiliki susunan hurup yang sama. Misal “katak”, “asa”, “ada”, “madam”.

Dari pengalaman saya ketika saya melamar kerja di perusahaan software developer saya di tes dengan soal membuat program sederhana untuk mengecek apakah kata itu palindrome atau tidak. Akhirnya saya browsing dan cari artikel yang membahas membuat program palindrome tersebut. Ada banyak sekali artikel yang mebahas program palindrome tersebut, dan dengan singkat saya telah bisa membuat program sederhana palindrome checker, kan tinggal copy paste ya ngga hehehe,. Tapi saya bisa puas sampe disitu karena program yang saya buat itu hanya bisa mengecek palindrome dengan satu kata, tidak bisa mengecek jika 2 kata misal “ada katak”, hasilnya false, padahal jelas-jelas kata “ada” & “katak” merupakan palindrome. Atas dasar itu saya penasaran untuk membuat program yang bisa mendaftar sekaligus menghitung kata apa saja yang termasuk palindrome dalam satu kalimat, atau paragraph, atau bahkan dalam satu artikel. Tapi kali ini ngga kopas lagi, coz saya mencoba cari-cari di google tapi ga ketemu juga. Akhirnya saya mencoba untuk membuatnya sendiri dan jadi deh wkwkwk.

palindromes find and count

Cara menggunakan programmnya juga mudah. Kita tinggal masuk aja ke menu file, klik Palindrome, kemudian masukan kalimat atau artikel ke dalam Insert Text. Setelah itu tekan tombol Find & Count Palindromes. Maka hasil perhitungan palindrome nya akan tampil pada kotak Result. It’s Simple & easy.

Program dan source code nya bisa anda download disini.

Trims ^^

Tinggalkan Balasan

