Bagaimana Multimedia Merubah wajah Dunia?

Multimedia memudahkan perusahaan melakukan merger dan aliansi, berkantor dari rumah, home shopping, bisnis dan iklan, penerbitan elektronik, proses belajar mengajar, serta rekayasa ulang perusahaan, hingg multimedia sebagai alat pasar massa.

Banyak perusahaan melakukan merger atau aliansi dengan perusahaan lainnya, bahkan dengan pesaingnya. Seperti Microsoft dengan NBC network menciptakan MSNBC.com

Multimedia juga mengubah tempat kerja, telecommuting atau teleworking memungkinkan karyawan dapat bekerja dirumah, di jalan , di komputer yang tersambung dengan komputer kerja karyawan. Selain mengurangi kepadatan lalu lintas, juga menurunkan pemakaian bahan bakar dan mengurangi polusi udara. Microsoft menyediakan perangkat telecommuting yang baik.

Multimedia mengubah cara orang berbelanja. Daripada lelah menelusuri toko ke toko lain untuk memperoleh barang dengan ukuran dan corak yang anda inginkan dan kemudian anda harus antri di kasir, dengan layanan teleshopping atau home shopping memungkinkan anda berbelanja dari rumah.

Multimedia juga mengubah wajah bisnis. Dengan multimedia, perusahaan menciptakan nilai yang diharapkan pelanggan terhadap produk yang dihasilkan perusahaan dalam operasinya. Tahun Contohnya nokia, yaitu membuat dan menjual telepon selular dan akhirnya mendapat keuntungan dari penjualan secara online. Online shopping dan online banking kini menciptakan suatu masyarakat tanpa kasir dengan menghapus kebutuhan uang cetak.

Multimedia menjadikan pasar pialang menjadi lebih dinamis. Internet melayani provider untuk mendatangi undangan secara otomatis untuk melakukan penawaran. Hal ini menjadikan pasar pialang online ikut mempengaruhi pertumbuhan sektor jasa keuangan dengan aset yang diproyeksikan berkembang dari 415 miliar dolar tahun 1998 menjadi 3 triliun dolar pada tahun 2003 (NUA Internet Service). Pialang online memberi jalan bagi orang kebanyakan untuk melakukan pembelian saham online daripada melakukan pembelian saham melalui pialang saham tradisional.

Iklan internet mendefinisikan ulang arti dari iklan. Iklan internet merupakan media kaya, dinamis, orang ke orang, interaktif dan dapat menjangkau sejumlah besar orang dengan biaya relatif murah. Iklan yang membayar operasi layanan web, seperti halnya iklan yang menutup biaya siaran televisi sehingga kita dapat menonton televisi tanpa membayar. Pada tahun 1998, para pengiklan menghabiskan 1.9 billion dolar untuk beriklan di internet, melampaui biaya yang dikeluarkan untuk iklan outdoor yang diperkirakan 1.6 billion dolar pada tahun yang sama(Internet Index, 5/31/1999)

Multimedia mengubah cara kita membaca koran dengan menghapus kebutuhan akan kertas dengan menawarkan keunggulan multimedia, termasuk penelusuran full-teks, grafik, audio dan video. Menurut Kesley Group, lebih dari 2700 surat kabar mencoba penerbitan elektronis ini, sedangkan pada tahun 1989 hanya 42 surat kabar.

Penerbiutan elektronis juga berdampak pada industri pendidikan. Banyak Sekolah mulai menginvestasikan anggaran buku kedalam teknologi multimedia. Misalnya dengan melengkapi komputer di perpustakaan dapat mengakses internet.

Internet bersaing dengan televisi memperebutkan waktu luang masyarakat. Banyak lembaga survai yang mengatakan lebih banyak waktu yang dihabiskan pengguna internet untuk melakukan surfing di internet dari pada waktu yang dihabiskan untuk menonton televisi.
Dikutip dari Buku M Suyanto yang berjudul Multimedia ‘Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing’

Mau Pengetahuan IT anda Bertambah??? kunjungi


Web For Update News IT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s